Skip to main content

Pengertian NTP dan cara Mengkonfigurasi-nya di Mikrotik

Assalamu'alaikum sob…
jangan ragu cari postingan tentang jaringan komputer klik aja disini pastinya di Galeri kampung, oke sob di postingan kali ini kita belajar tentang NTP di Mikrotik mulai dari pengertiannya sampai cara konfigurasinya.
buat kalian yang belum tau pastinya tanya-tanya kan?, "apa itu NTP?", "Cara setting NTP di Mikrotik?", Nah… di postingan kali ini kita bahas sob, oke langsung aja kita simak.

Ada yang tau apa itu NTP (Network Time Protocol)? Pasti banyak yang belum tau apa itu Network Time Protocol. NTP memang terdengar asing bagi orang yang belum begitu paham tentang jaringan komputer. Oke, untuk mempelajari lebih lanjut tentang Apa itu NTP (Network Time Protocol) dan penerapannya di Mikrotik silakan simak pengertian NTP berikut ini :

Pengertian NTP

Network Time Protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP adalah sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja.

NTP menggunakan port komunikasi UDP nomor 123. Protokol ini memang didesain untuk dapat bekerja dengan baik meskipun media komunikasinya bervariasi, mulai dari yang waktu latensinya tinggi hingga yang rendah, mulai dari media kabel sampai dengan media udara. Protokol ini memungkinkan perangkat-perangkat komputer untuk tetap dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan sangat tepat dalam berbagai media tersebut. Biasanya dalam sebuah jaringan, beberapa node dilengkapi dengan fasilitas NTP dengan tujuan untuk membentuk sebuah subnet sinkronisasi. Node-node tersebut kemudian akan saling berkomunikasi dan ber sinkronisasi menyamakan waktu yang direkam mereka. Meskipun ada beberapa node yang akan menjadi master (primary server), protokol NTP tidak membutuhkan mekanisme pemilihan tersebut.

Oke sudah tau kan apa itu NTP? Kalo sudah jelas tentang NTP sekarang lanjut ke setting NTP pada Mikrotik mari kita Belajar Mikrotik lebih dalam lagi tentang NTP.

Setting Network Time Protocol Client di Mikrotik

Dalam kondisi tertentu Router Mikrotik harus bekerja berdasarkan waktu, baik tanggal, hari, maupun jam. Misalnya saja jika Anda ingin memblokir akses internet di luar jam kerja atau memblokir beberapa situs pada jam-jam tertentu. Jika anda menggunakan PC sebagai Router Mikrotik ini tentu bukan masalah, karena di Motherboard komputer sudah terpasang baterai yang dapat mempertahankan konfigurasi waktu. Namun pada RouterBoard Mikrotik yang tidak memiliki barerai internal maka konfigurasi waktu akan kacau tiap kali router mengalami restart. Nah, untuk menghindari ketidakakuratan konfigurasi waktu inilah, maka pada Router Mikrotik perlu dikonfigurasikan Network Time Protocol (NTP). Router Mikrotik perlu mengetahui NTP Server yang ada di Internet dan akan berusaha menyesuaikan dengan konfigurasi waktu yang ada di NTP Server tersebut. Untuk sinkronisasi konfigurasi waktu pada Router Mikrotik, Anda dapat menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP Address 203.160.128.3. Untuk lebih mudahnya silakan anda gunakan Winbox untuk menyeting NTP Client nya. Buka Winbox, masuk ke menu System --> NTP Client, seperti gambar berikut :

Centang opsi Enabled --> Mode : unicast --> Primary NTP Server : 203.160.128.3 Atau bisa juga menggunakan command line : [admin@MikroTik] > system ntp client set primary-ntp=203.160.128.3 enabled=yes mode=unicast Selanjutnya seting waktu pada mikrotik nya dengan masuk ke menu System --> Clock, seperti gambar di bawah ini :
Atau bisa juga menggunakan command line :
[admin@MikroTik] > system clock set time-zone-name=Asia/Jakarta

Nah itu dia sob tentang NTP dan cara setting nya.
Selamat mencoba ya sob dan tetap semangat belajarnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Wassalamu'alaikum.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah pada Mikrotik beserta Pengertiannya

Assalamu'alaikum sob, yayy ngga aka ada bosennya buat berbagi,oke sob di postingan kali ini kita akan mempelajari istilah-istilah yang ada pada Mikrotik, oke langsung aja sob kita literasi. System , paket yang wajib diinstal karena merupakan inti dari Mikrotik. Address List,  Pengelompokan IP address berdasarkan interfaces. Asynchronous,  Mendukung serial PPP dial-in/ dial out, dengan otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on, demand, modem pool hingga 128 ports. Backup System,  Membackup atau menyimpan hasil konfigurasi terakhir. Bonding,  Mendukung dalam pengkombinasian beberapa antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi yang cepat. Bridge,  Mendukung fungsi bridge spanning tree, multiple bridge interfaces, bridge firewalling. Domain Name Server,  Untuk menerjemahkan IP menjadi domain, begitu pun sebaliknya. Data Rate Management,  Qos berbasis HTB dengan penggunaan burst, PCQ, RED, SFQ FIFO queue, CIR, MIR, limit antar peer to peer. F

Fitur-fitur Mikrotik beserta pengertian dan fungsinya

Assalamu'alaikum sob… ngga akan ada bosen-nya untuk berbagi tentunya di Galeri kampung, oke sob di postingan kali ini kita akan cari tau fitur-fitur yang ada di Mikrotik. Sebenernya di postingan sebelumnya ada sih fitur-fitur yang ada di mikrotik tapi biar lebih srekk gitu, jadi bikin postingan lagi. Oke sob…, ini dia fitur-fitur yang ada di Mikrotik. Address List : Pengelompokan IP Address berdasarkan nama Asynchronous : Mendukung serial PPP dial-in / dial-out, dengan otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports. Bonding : Mendukung dalam pengkombinasian beberapa antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi cepat. Bridge : Mendukung fungsi bridge spinning tree, multiple bridge interface, bridging firewalling. Data Rate Management : QoS berbasis HTB dengan penggunaan burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO queue, CIR, MIR, limit antar peer to peer DHCP : Mendukung DHCP tiap antarmuka; DHCP Relay; DHCP Client, multiple